SOSIALISASI HASIL BIMTEK SIPP TAHUN 2020

Bertempat diruang rapat Pengadilan Militer I-07 Balikpapan, pada hari Jumat tanggal 20 Maret 2020 pukul 14.00 WITA telah dilaksanakan Sosialisasi Hasil Bimtek SIPP Tahun 2020 oleh Pramubhakti Alfiani Hayaturida Rusnawati,A.Md. Kegiatan ini bersifat internal sebagai pembekalan kepada semua personel Pengadilan Militer I-07 Balikpapan dalam proses peningkatan profesionalisme aparatur peradilan tentang pekembangan teknologi di Mahkamah Agung untuk menunjang peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan pengadilan, terutama pada Peradilan Militer sendiri. Dalam paparannya, Pramubhakti Alfiani Hayaturida Rusnawati,A.Md menyampaikan ulang materi dari Dirjenbadimiltun ( Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H.,M.H) dimana dalam pelaksaan aplikasi SIPP ini, diperlukan satgas yang memonitor agar pelayanan merata, admin SIPP harus aktif dalam berkomunikasi dengan pimpinan serta memahami Core Business Pengadilan Militer mengenai substansinya, pada saat penyusunan laporan tahunan agar peradilan militer mempunyai program unggulan tertentu dan melaporkan ke Dirjenbadimiltun serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan bimtek yang telah dilakukan dalam jangka waktu 6-7 bulan setelah bimtek terakhir. Selain itu juga dijelaskan, berdasarkan paparan yang disampaikan oleh narasumber Christian Hadi Bowale (pada saat Bimtek SIPP tahun 2020), bahwa aplikasi SIRATMIL (Sistem Administrasi Terpadu Peradilan Militer), merupapakan sebuah inovasi di bawah naungan Mahkamah Agung yang bersifat All In One Application (aplikasi multi fungsi), karena memberikan kemudahan akses kepada pemakainya, optimalisasi personel, hemat waktu, sistematis, integrasi data, keamanan data serta ramah lingkungan (Paperless).

Dalam aplikasi ini akan memfasilitasi beberapa bagian yaitu:
1. Administrasi Persuratan ( Surat Masuk, Surat Keluar dan E-Concept)
2. Administrasi Kepaniteraan ( Link SIPP, MIS, info Perkara, Monitoring Tamu Sidang)
3. Administrasi Kepegawaian ( Lin SIKEP MARI, SKP, Pengajuan Cuti dan Ijin Tidak Masuk Kerja dan Pengajuan Ijin Keluar Kantor)
4. Administrasi Keuangan dan BMN ( Transparansi UP, ATK serta Service And Maintenance)
5. Administrasi Umum ( Dislokasi, Monitoring Tamu, Pengumuman, SOP, Akreditasi, Reformasi Birokrasi dan Chat)
6. Perpustakaan ( Link Perpustakaan MA RI, Aplikasi Perpustakaan)
Dengan keberadaan aplikasi SIRATMIL ini diharapkan terjadinya penyatuan visi dan misi MA, yaitu tercapainya:
1. Keseragaman bisnis proses administrasi
2. Pencapaian menyeluruh ISO, Akreditasi, ZI dan RB
3. Sistem kerja yang modern
4. Sistem administrasi yang akuntabel
5. Pelayanan informasi di PTSP yang prima dan cepat
6. Penghematan waktu, biaya dan tenaga
Dirbanganismil, Kolonel Chk Kiswari, S.H.,M.H menyampaikan bahwa Aplikasi SIRATMIL ini harus segera dilaksanakan, dimana didalamnya akan ada SKM dan Indeks Persepsi Korupsi serta membuat laporan MIS ke Kadilmil satker masing-masing. Dalam pelaksanaannya, aplikasi ini back up datanya setiap 4 setiap bulannya, sinkronisasi dilakukan setiap hari dan dicek sinkronisasinya secara berkala, melakukan latihan SIPP minimal setahun 2 kali dengan metode Dummy SIPP (Rfd).