Bimbingan Teknis Kepegawaian Se-indonesia Wilayah Hukum 4 Peradilan Tingkat Banding di Sumatera Utara

Bertempat di Hotel Madani Kota Medan, dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Kepegawaian Se-indonesia Wilayah Hukum 4 Peradilan Tingkat Banding di Sumatera Utara pada tanggal 23 sampai 25 September 2020. Adapun pesertanya berjumlah 183 orang, perwakilan dari Pengadilan Militer Tinggi I Medan, Pengadilan Tinggi Medan, Pengadilan Tinggi Agama Medan serta Pengadilan Tinggi Tata Usaha Medan beserta perwakilan dari masing-masing pengadilan tingkat pertama yang berada di bawah pengadilan-pengadilan tingkat banding tersebut. Untuk Pengadilan Militer I-07 Balikpapan sendiri, diwakilkan oleh Kasubbag Kepegawaian Organisasi dan Tata Laksana, Sugeng Nuraini dan Analis Kepegawaian Ahli Pertama Ryan Fernando, S.Sos. Kegiatan Bintek Kepegawaian ini dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Medan, Setyawan Hartono, S.H.,M.H.
 
Dalam pengantarnya, beliau menyampaikan semangat reformasi birorkrasi kepada ASN maupun personel militer yang menghadiri kegiatan tersebut dengan disahkannya Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya dan Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung Nomor:578 /SEK/SK/VIII/2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Kinerja Pegawai Di Lingkungan Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Yang Berada Di Bawahnya. Beliau juga menyampaikan harapan besar agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara nyaman serta tetap memperhatikan aspek protokoler kesehatan Covid-19.
 
Adapun yang menjadi pemateri dalam kegiatan bimtek ini yaitu dari Biro Kepegawaian Mahkamah Agung, Muzhar Khotib,S.IP,S.H (Kasubbag Pengembangan Pegawai) dan M.Rio Ismail,ST,M.H,MM (Kasubbag Sertifikasi dan Angka Kredit). Ada 5 materi yang dipaparkan oleh pemateri yaitu Pengenalan Analisa Jabatan dan Analisa Beban Kerja, Pengenalan Administrasi Jabatan Fungsional, Penilaian Kinerja Pegawai, Promosi Mutasi dan Pemberhentian serta Pensiun dan yang terakhir tentang Pengembangan Pegawai. Dalam sesi tanya jawab para peserta sangat antusias dan bersemangat, terlihat dari banyaknya pertanyaan maupun saran serta penyampaian ide mengenai materi yang telah disampaikan tersebut, terutama pada materi Penilaian Kinerja Pegawai. Karena hal ini merupakan suatu regulasi baru dan berdampak langsung terhadap pembayaran Tunjangan Kinerja (Tukin) pegawai maupun militer/TNI. Secara keseluruhan kegiatan berjalan sangat lancar dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan seperti menerapkan Social Distancing dan menggunakan Handsanitizer yang ditempatkan dimana-mana serta yang lainnya. Kegiatan Bimtek Kepegawaian ini ditutup oleh Wakil Kepala Pengadilan Tinggi Agama Medan Dr.H.Zulkarnaen S,H.,M.H. Dalam amanatnya sebelum kegiatan ditutup, beliau menyampaikan agar masing-masing aparatur yang berada di bawah Mahkamah Agung untuk selalu menjadi kode etik kapanpun dan dimanapun berada sebagai perwujudan dukungan upaya pencapaian visi misi MA. Selain itu beliau juga meminta untuk semua peserta agar membagikan ilmu yang sangat berharga ini ke satker masing-masing dan direalisasikan secara komperhensif dan baik. Apabila kendala, ruang diskusi selalu terbuka. Semangat Aparatur Mahkamah Agung (RFD).