alt
 

PEDOMAN PERILAKU HAKIM


1. Berperilaku Adil.
Bermakna menenpatkan sesuatu pada tempatnya dan memberikan yang menjadi haknya, yang didasarkan pada suatu prinsip bahwa semua orang sama kedudukannya di depan hykum.
 
2.Berperilaku Jujur.
 
Bermakna dapat dan berani menyatakan bahwa yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah.
 
3. Berperilaku Arif Dan Bijaksana.
 
Bermakna bertindak sesuai dengan norma - norma yang hidup dalam masyarakat baik norma - norma huku, norma - norma keagamaan, kebiasaan - kebiasaan maupun kesusilaan dengan memperhatikan situasi dan kondisi pada saat itu, serta mampu memperhitungkan akibat dari tindakannya.
 
4. Bersikap Mandiri.
 
Bermakna mampu bertindak sendiri tanpa bantuan pihak lain, bebas dari campur tangan siapapun dan bebas dari pengaruh apapun.
 
5. Berintergritas Tinggi.
 
Bermakna Sikap dan kepribadian yang utuh, berwibawa, Jujur dan tidak tergoyahkan. Intergritas tinggi pada hakekatnya terwujud pada sikap setia dan tangguh berpegang pada nilai - nilai atau norma - norma yang berlaku dalam melaksanakan tugas.
 
6. Bertanggung Jawab.
 
Bermakna kesetiaan untuk melaksanakan sebaik -baiknya segala yang menjadi wewenang tugasnya, serta memiliki keberanian untuk menanggung segala akibat atas pelaksanaan wewenang dan tugasnya tersebut.
 
7. Menjunjung Tinggi Harga Diri.
 
Bermakna bahwa diri manusia melakat dan kehormatan yang harus dipertahankan dan dujunjung tinggi oleh setiap orang.
 
8. Berdisiplin Tinggi.
 
Bermakna ketaatan pada norma - norma atau kaidah - kaidah yang diyakini sebagai panggilan luhur untuk mengemban amanah serta kepercayaan masyarakat pencari keadilan.
 
9. Berperilaku Rendah hati.
 
Bermakna kesadaran akan keterbatasan kemampuan diri, jauh dari kesempurnaan dan terhindar dari setiap bentuk keangkuhan.
 
10. Bersikap Profesional.
 
Bermakna sauatu sikap normal yang dilandasai oleh tekat untuk melaksanakan perkerjaan yang dipilihnya dengan kesungguhan, yang didikung oleh keahlian atas dasar pengetahuan keterampilan dan wawasan luas.

 

 

 

Copyright © 2009 Pengadilan Militer I-07